Notice - Lihat Pengumuman Pemenang Event Jepret Beranda BAGAS31.com
Halo Sobat!, Members Area : Daftar - Masuk · Pasang Iklan · Peta Situs

Alasan Kenapa Validasi HTML itu Tidak Penting

Written By Unknown on Minggu, 30 Maret 2014 | 12.07


Validasi HTML itu Tidak Penting



Validasi HTML ataupun HTML5 menjadi hal yang begitu digemari oleh para pembuat template dan juga blogger-blogger yang sedang belajar memodifikasi tempate. Saya sendiri dulu juga menjadi salah satu blogger yang begitu mementingkan masalah validasi ini. Namun untuk saat ini sudah tidak begitu mementingkannya.



Berikut ini adalah alasan-alasan kenapa validasi HTML sudah saya anggap tidak penting:




Blogger Tidak Seharusnya Valid



Alasan pertama adalah karena platform blogger yang tidak seharusnya dibuat valid. Kenapa tidak harus valid? Karena kebanyakan error-error yang terdapat pada blog-blog di blogger bukan karena faktor pembuat template yang nggak bisa coding, tapi karena memang error dari mesin blogger-nya sendiri.





Kebanyakan pembuat template mengorbankan banyak fitur yang ada di blogger demi valid HTML. Salah satu contoh sederhananya adalah fitur Quick Edit untuk memudahkan kita mengedit widget tanpa harus masuk ke dashboard.





Sebagai pengguna blogger, saya rasa itu adalah hal yang salah yang selama ini saya sendiri juga melakukannya. Alangkah lebih baik untuk memaksimalkan fitur-fitur yang ada di blogger daripada valid HTML yang tidak begitu dibutuhkan manfaatnya.




Browser Sekarang Sudah Canggih


Alasan kedua adalah karena zaman sekarang browser atau perambaan web sudah canggih. Website-website dengan struktur kode berantakan sekalipun tetap bisa tampil dengan baik. Jadi saya rasa bukanlah hal yang wajib untuk memiliki struktur kode yang benar-benar perfect valid HTML.




Tidak Ada Yang Peduli Jika Kode HTML-mu Valid



Untuk apa berusaha keras membuat kode HTML valid 100% kalau ternyata tidak ada yang mempedulikannya? Yaps, pengunjung blog kita datang ke blog kita untuk mencari konten buka mencari kode. Percuma kode HTML-nya valid tapi isi dari blog kita sendiri "error."




Tidak Ada Hubungannya Dengan SEO



Ini adalah alasan yang banyak digunakan para blogger kenapa blognya memilih untuk dibuat valid HTML, yaitu SEO. Banyak yang percaya validasi HTML dapat membantu meningkatkan ranking blognya di Google. Padahal kenyataan sesungguhnya adalah Tidak, validasi HTML tidak akan membantu posisi blog sobat di hasil pencarian Google.



Sudah lumayan lama saya menggunakan struktur template valid HTML pada blog ini dan saya tidak bisa melihat efek apapun terhadap SEO pada blog ini hingga akhirnya saya tidak lagi begitu mempedulikannya.





Berikut ini adalah penjelasan-penjelasan dari Matt Cutts tentang pengaruh validasi HTML terhadap SEO:













Dari penjelasaan pada dua video di atas setidaknya bisa diambil kesimpulan bahwa Google tidak begitu mementingkan validasi HTML pada sebuah halaman web. Seperti apa yang dikatakan oleh Matt Cutts valid HTML mungkin untuk saat ini tidak berpengaruh terhadap rangking, tapi bisa saja akan menjadi salah satu faktor di masa depan.




HTML5 dan SEO


Saya lihat masih banyak blogger-blogger terutama blogger pemula yang salah pemahaman terhadap valid HTML dan HTML5. Untuk membuat kode HTML yang valid tidak harus menggunakan HTML5. Semua kode HTML, entah itu HTML5 ataupun HTML versi sebelumnya bisa divalidasi.



Khusus masalah HTML5, banyak pakar SEO yang berpendapat bahwa struktur HTML5 memiliki peranan terhadap SEO. Hal itu bisa saja benar karena pada HTML5 terdapat beberapa element-element baru yang dapat membantu web browser ataupun search engine memahami isi halaman web lebih baik atau bisa disebut juga Semantic Elements. Beberapa contoh elemen tersebut adalah: <header>, <article>, <nav>, <footer> dll.



Saya sendiri sudah menggunakan struktur HTML5 tersebut lumayan lama dan untuk masalah SEO bisa jadi memang berpengharuh tapi tentu saja tidak ada yang bisa memastikannya. Tapi khusus untuk masalah validasi saya rasa tetap tidak memilki pengaruh apapun terhadap SEO, setidaknya untuk saat ini.




Manfaat Validasi HTML



Meskipun validasi bagi saya bukanlah hal yang begitu penting tapi bukan berarti validasi itu buruk dan tidak ada manfaatnya. Agar adil, berikut ini saya tuliskan beberapa manfaat validasi HTML yang bersumber langsung dari W3C.





  1. Validasi sebagai alat debugging

  2. Validation as a future-proof quality check (maaf kurang begitu bisa menerjemahkan :D)

  3. Validasi untuk memudahkan pemeliharaan 

  4. Validasi membantu mengajarkan praktik-praktik yang baik 

  5. Validasi adalah tanda profesionalisme




Apakah manfaat-manfaat di atas penting buat sobat? Jika sobat adalah seorang Web Developer, mungkin jawabannya adalah YA, tapi jika sobat hanyalah seorang blogger biasa, saya rasa jawaban yang pas adalah TIDAK PENTING.




Terakhir..


Validasi HTML bagi saya tidak begitu penting namun tentu saja bukan berarti banyak error itu bagus. Memiliki struktur kode yang bersih dan sedikit error sudah pasti adalah hal yang baik. Tapi untuk benar-benar valid 100% bukanlah sebuah keharusan.



Untuk masalah SEO saya rasa selama blog kita berisi konten-konten yang bagus dan optimasi offpage yang benar maka meskipun blog kita tidak valid HTML sekalipun Insya Allah akan tetap mendapatkan ranking yang bagus.



Nah mungkin hanya segitu saja apa yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini tentang validasi HTML. Bagi yang mempunyai pendapat lain, silakan bisa berbagi melalui form komentar.





Kirim Update Software Terbaru Untuk
Sobat BAGAS31 Langsung ke Email Sobat !


Privacy guaranteed. We'll never share your info.

L a i n n y a

0 komentar:

Posting Komentar

Next previous home