Notice - Lihat Pengumuman Pemenang Event Jepret Beranda BAGAS31.com
Halo Sobat!, Members Area : Daftar - Masuk · Pasang Iklan · Peta Situs

Membuat Subdomain di WordPress dari Blogger

Written By Unknown on Senin, 28 Oktober 2013 | 08.28


Judulnya agak sedikit membingungkan ya. Kurang lebih maksudnya seperti ini: kita mempunyai blog di blogspot dan sudah menggunakan domain sendiri, nah ceritanya kita ingin bikin blog baru di wordpress tapi menggunakan subdomain dari domain yang digunakan di blogspot tersebut. Nah, seperti itulah maksud dari judul di atas :D.



Tutorial ini sebenernya sudah banyak sekali yang request, tapi baru sekarang bisa direalisasikan. Tutorial ini juga sebagai lanjutan dari postingan saya sabelumnya yang terkait dengan tutorial ini yaitu Cara Membuat Subdomain di Blogspot. bagi yang belum baca, silakan bisa diintip dulu.



Ok lah, langsung saja. Pada dasarnya untuk membuat subdomain dari blogspot ke wordpress sangatlah mudah sekali, hanya saja yang membuat saya agak bingung menulis tutorial ini karena tidak semua registrar atau penyedia domain memiliki tampilan kontrol panel yang sama, jadi meskipun tutorial ini saya jelaskan sesederhana mungkin, tidak menjamin sobat langsung mudeng :D.



Pertama-tama yang perlu sobat siapkan tentu saja harus sudah memiliki blog di blogspot yang sudah menggunakan custom domain sendiri dan web hosting yang siap dipakai, terserah mau gratisan atau berbayar yang terpenting kita bisa menambahkan subdomain di hosting tersebut.



1. Addon Domain di Cpanel Hosting 

Langkah pertama adalah menambahkan domain atau addon domain di cpenel hosting milik sobat. Caranya mudah saja, silakan sobat login terlebih dahulu ke cpanel hosting milik sobat dan selanjutnya klik menu Addon Domains:




Subdomain Wordpress



Setelah itu silakan masukan detail subdomain yang ingin sobat buat.




Membuat Subdomain di Wordpress Dari Blogspot



New Domain Name sobat isi dengan subdomain dari domain utama, FTP username dan Document Root akan otomatis terisi, bisa dirubah atau dibiarkan saja juga gak masalah. Jangan lupa passwordnya diisi juga, setelah itu tinggal Klik Add Domain.



2. Setting Name Sever Domain

Setelah selesai langkah pertama, selanjutnya tinggal mengarahkan subdomain ke name server hosting milik sobat. Nah, dilangkah ini mungkin diperlukan sedikit penyesuaian sobat dikarenakan tidak semua penyedia domain memiliki tampilan control pannel yang sama. Saya sendiri disini menggunakan layanan dari namecheap.com, syukur-syukur sobat juga pakai namecheap biar bisa mengikuti tutorial ini dengan lancar jaya.



Masuk ke control pannel domain. caranya: klik MY ACCOUNT > Manage domains > pilih domain sobat > klik All host records:








Membuat Subdomain di Wordpress Dari Blogspot



Subdomain agan isi terserah yang sobat inginkan, Name Server isi dengan domain name server dari hosting milik sobat, biasanya informasi name server diberikan saat pertama kali mendaftar web hosting, Record Type pilih NS Record, dan terakhir TTL dibiarkan saja seperi itu. Jangan lupa Klik Save Changes



3. Selesai

Yap cuma segitu doang, selanjutanya tinggal sobat instal CMS wordpress ke subdomain yang sudah dibuat tadi.



Ini adalah salah satu contoh dari hasil tutorial di atas : http://catatan.mas-sugeng.com/ (blog dummy sob, isinya ngawur  :D)



Seperti biasa, jika ada yang kurang jelas kolom komentar di bawah terbuka sangat lebar. Terima Kasih.

Kirim Update Software Terbaru Untuk
Sobat BAGAS31 Langsung ke Email Sobat !


Privacy guaranteed. We'll never share your info.

L a i n n y a

0 komentar:

Posting Komentar

Next previous home